Kamis, 12 Juni 2014

Man Jadda Wajada I Barang Siapa Yang Bersungguh-sungguh Akan Berhasil

Man Jadda Wajada I Barang Siapa Yang Bersungguh-sungguh Akan Berhasil
Man Jadda Wajada inilah salah satu pesan positif yang disampaikan dalam film Negri 5 Menara. Dalam Film tersebut digambarkan dengan parang yang tumpul bisa saja memotong kayu keras dengan usaha yang luar biasa.  Jauh sebelum film itu dibuat, kalimat  motivasi man jadda wajada telah sangat terkenal di dunia pesantren, biasanya kalimat tersebut bersama dengan kalimat-kaimat motivasi lainnya yang terhimpun dalam satu kitab mahfuzhat (hafalan) wajib dihafalkan oleh tiap-tiap santri.
Saya tidak dapat menemukan siapa yang mengucapkan kalimat tersebut pertama kali. Dalam kitab-kitab kuning klasik, kalimat tersebut sering dikutip namun tidak disebutkan siapa yang mengatakannya, hanya ditulis dikatakan orang (qiila atau qaluu), rupanya kalimat tersebut sudah sangat masyhur didunia arab sehingga tidak disadari dan tidak diketahui siapa orang yang mengatakannya pertama kali.
Kalimat Man Jadda Wajada biasanya hanya ditulis pendek seperti adanya, namun ada juga yang menambahkan kalimat lain sebagai penjelasan terhadap kalimat tersebut, tambahan-tambahan tersebut antara lain:

من جد وجد ومن زرع حصد ومن سار على الدرب وصل

Barang siapa yang bersungguh-sungguh dia akan berhasil, barang siapa menanam dia yang memetik, barang siapa yang berjalan dia akan sampai
Sangat penting mengetahui siapa yang mengatakannya pertama kali tapi lebih penting lagi apa yang disampaikannya (isinya), unzhur ma qala wala tanzhur man qaala, perhatikan apa yang disampaikannya tak peduli siapapun dia. B
Bagaimanapun kalimat tersebut dapat menjadi motivasi bagi kita untuk terus bekerja keras untuk mencapai satu tujuan. Apa yang kita kerjakan hari ini maka besok, lusa, 1 tahun, 2 tahun, 10 tahun, 1 abad kemudian pasti kita mendapatkan hasilnya, jika itu baik maka baik pula hasilnya jika buruk maka buruk pula yang kita dapatkan, man ya`mal mitsqala dzarratin khairan yarahu waman ya`mal mitsqala dzarratin syarran yarahu.

وَقُلِ اعْمَلُواْ فَسَيَرَى اللّهُ عَمَلَكُمْ وَرَسُولُهُ وَالْمُؤْمِنُونَ وَسَتُرَدُّونَ إِلَى عَالِمِ الْغَيْبِ وَالشَّهَادَةِ فَيُنَبِّئُكُم بِمَا كُنتُمْ تَعْمَلُونَ

dan Katakanlah: “Bekerjalah kamu, Maka Allah dan Rasul-Nya serta orang-orang mukmin akan melihat pekerjaanmu itu, dan kamu akan dikembalikan kepada (Allah) yang mengetahui akan yang ghaib dan yang nyata, lalu diberitakan-Nya kepada kamu apa yang telah kamu kerjakan. (QS. At-Taubah: 105)

0 komentar:

Posting Komentar