Senin, 10 Februari 2014

4 HARTA SEORANG MUSLIM

(yang apabila dimiliki sungguh ia beruntung di dunia dan di akhirat)

Ada perkataan Rasulullah Saw berkenaan dengan harta yang entah sebagian dari kita belum mengetahui atau mungkin lupa. Bahwasannya Rasulullah Saw pernah bersabda “Ada empat hal yang barangsiapa diberi oleh Allah keempatnya, sungguh ia telah diberikan kebaikan dunia dan akhirat. Lisan yang selalu berdzikir, hati yang selalu bersyukur, tubuh yang selalu shabar saat menerima musibah, dan istri shalihah yang tidak pernah berpikir untuk mengkhianati suaminya dan selalu membantu suaminya dalam agama.” (HR. Thabrani)

Dalam hadits lain Rasulullah Saw bersabda “Harta yang paling utama adalah lisan yang selalu berdzikir, hati yang selalu bersyukur, dan istri yang beriman yang selalu membantunya menjaga imannya.” (HR. Tirmidzi).

Para ulama menjelaskan bahwasannya keempat karunia tersebut bersifat kasabi. Artinya harus ada usaha yang dilakukan oleh manusia jika ingin mendapatkannya. Seperti halnya ni’mat iman, ia membutuhkan ilmu dan amal yang terus menerus agar dapat melekat dalam hati. Begitu juga dengan lisan yang selalu berdzikir. Tidak ada orang yang tiba-tiba menjadi ahli dzikir, tanpa terlebih dahulu ia ketahui keutamaan-keutamaan dzikir dan manfaat apa yang akan didapatkan ketika ia rajin berdzikir.

Hati yang pandai bersyukur pun tidak datang dengan sendirinya. Selain harus diketahui terlebih dahulu manfaat bersyukur kepada Allah Swt, kita juga dituntut untuk terus melatih hati kita agar terbiasa bersyukur. Salah satu contoh latihannya yaitu dengan membiasakan melihat orang yang lebih rendah dari kita. Seperti orang yang lebih miskin, orang cacat atau orang yang sedang sakit.

Contoh latihan lain yang dapat membuat hati kita pandai bersyukur adalah setiap bangun pagi setelah membaca do’a, alangkah baiknya jika dilanjutkan dengan kebiasaan berfikir mendalam. Maksudnya memikirkan berbagai macam karunia yang telah Allah Swt anugerahkan kepada kita, mulai dari sehatnya mata, lengkapnya alat pengindera dan ni’mat-ni’mat lain yang tak terhitung jumlahnya.

Jika rasa syukur ada dalam hati maka sifat shabar melekat pada anggota badan. Betapa beruntungnya orang yang meiliki anggota badan yang penyabar. Ia tidak mudah digoda oleh syahwat birahi, tidak marah-marah ketika perut sedang lapar, dan tidak langsung naik pitam ketika ada yang melukai dirinya. Latihan yang paling ampuh untuk membentuk karakter penyabar adalah shoum sunnah.

Istri yang shalihah adalah perhiasan terindah dunia. Dengannya rumah tangga menjadi sejuk dan sakinah. Masa depan anak-anak menjadi cerah ketika dibina oleh seorang ibu yang shalihah. Namun demikian, janganlah lupa istri yang shalihah pun manusia. Ia butuh makan dan nasehat. Maka kewajiban kita memenuhi kebutuhannya dan senantiasa memberinya nasehat baik dengan perkataan maupun dengan keteladanan. Agar ia lebih ringan menjaga keshalihannya.

Jadi, Jika uang hanya bisa memenuhi keinginan-keinginan kita di dunia (kecuali uang yang disedekahkan). Maka keempat harta tersebut dapat memberi kita kepuasan di dunia dan kebahagiaan di akhirat. Mari tingkatkan kesungguhan kita dalam mengejar keempat harta tersebut melebihi kesungguhan kita dalam mengejar uang.

Semoga Ar-Rahman berkenan membukakan pintu hati kita sekeluarga untuk senantiasa selalu berupaya mendekatkan diri kepada-Nya, Aamiin. Yaa Robbal 'alamiin.

Marilah kita berdoa, bermunajat kepada Allah. Semoga Allah mengampuni kita, dan menghapuskan kita dari segala dosa yang telah lalu.

Ya Allah,
Ampunilah semua dosa-dosa kami, baik sengaja atau pun tidak, berkahilah kami, ramahtilah kami, berikanlah kami hidayah-Mu agar kami senantiasa dekat kepada-Mu hingga akhir hayat.

Aamiin ya Rabbal'alamin

0 komentar:

Posting Komentar