Minggu, 09 Februari 2014

Delapan Komponen Pendataan

WARNING OPS Se-Indonesia...
Tidak Ada Salahnya Saling Mengingatkan.
Dalam waktu yang terus berjalan hingga hari ini,
Mari bersatu demi terwujudnya impian 1 Data Berkualitas. Meski OPS Dari Sabang sampai Merauke, Namun kita bangkitkan kembali BHINEKA TUNGGAL IKA dan Satu Nusa, Satu Bangsa, Satu Bahasa, Satu Data, Satu Hati.



8 Komponen PENDATAAN yang harus diperhatikan :

  1. Kelengkapan Sekolah >>  Identitas Sekolah, Lokasi Sekolah, Data Pelengkap Sekolah, Kontak Sekolah, Data Periodik Sekolah, Data Sanitasi Sekolah, Data Blockgrant Sekolah, Sarana dan Prasarana Sekolah ; 
  2. Kelengkapan Identitas Peserta Didik >>  Data Pribadi, Data Ayah Kandung, Data Ibu Kandung, Data Wali ;
  3. Keberadaan Peserta Didik >>  Data Periodik, Data Prestasi, Data Beasiswa, Alamat, Kecamatan, Kabupaten, Provinsi ;
  4. Kelengkapan Guru/PTK >>  Identitas, Data Pribadi, Kepegawaian, Kompetensi Khusus, Kontak Guru/PTK, dan Data Rincian Guru/PTK [Anak, Beasiswa, Buku, Diklat, Karya Tulis, Kesejahteraan, Tunjangan, Tugas Tambahan, Inpassing, Penghargaan, Nilai Test, Riwayat Gaji Berkala, Riwayat Jabatan Struktural, Riwayat Kepangkatan, Riwayat Pendidikan Formal, Riwayat Sertifikasi, Riwayat Jabatan Fungsional ;
  5. Identitas Peserta Didik dan Guru/PTK harus "MATCHING" >>  Adanya Rombongan Belajar, Registrasi Keluar/Masuk Peserta Didik/PTK ;
  6. Record >>  Rekap raport per semester [belum dimulai diperkirakan bulan Juni/Juli Tahun Pelajaran 2014/2015]
  7. Kualitas DATA, Validitas DATA, Keakuratan DATA ;
  8. Analisis >>
* Informasi : Sekolah,Siswa/Peserta Didik, Guru/PTK ;
** Tidak Ada Identitas : Sekolah, Siswa/Peserta Didik, Guru/PTK ;
*** Komplit Informasi : Sekolah, Siswa/Peserta Didik, Guru/PTK


AYO MULAI DARI DIRI SENDIRI KITA MEMPERHATIKAN DATA DIRI KITA YANG SUDAH DI TANGGUNG JAWABKAN KE OPERATOR SEKOLAH UNTUK INPUT DATA.

INGAT OPERATOR SEKOLAH HANYA ENTRY DATA. VALID ATAU TIDAK NYA DATA KEMBALI KEPADA PTK MASING2 DAN PEMBUAT KEBIJAKAN DI LINGKUNGAN SEKOLAH MASING2

 

0 komentar:

Posting Komentar