Senin, 13 Oktober 2014

Guru TK di Bondowoso Diberi Pelatihan Intensif

Guru TK di Bondowoso Diberi Pelatihan Intensif
Jalannya pelatihan guru TK yang cukup rileks

BONDOWOSO, InfoBondowoso.net - Terkait standar mutu guru TK, pemerintah Kabupaten Bondowoso terus menggalakkan pelatihan guru TK.

Sekitar 100 guru TK dari semua Kecamatan se-Kabupaten Bondowoso mendapat pelatihan tentang membangun desain pengembangan karakter dan kreatifitas anak TK.

Kabid TK SD Lilik Herawati, mengungkapkan bahwa anak merupakan aset bangsa yang akan menjalankan roda pemerintahan di masa datang. Untuk mencetak SDM yang berkualitas, perlu persiapan matang dan harus disiapkan sejak usia dini.

“Dan kualitas guru sangat berpengaruh terhadap output yang dihasilkan. Sehingga upaya untuk meningkatkan SDM pendidik melalui pelatihan seperti ini sangat tepat untuk merubah generasi Bondowoso ke depan menjadi lebih baik” ujarnya, usai acara pelatihan di Pendapa Angung Ki Bagus Azra.

Lilik juga mengatakan, Pengembangan anak usia dini masih menjadi poin prioritas dalam program pembangunan Pemkab Bondowoso 2010 – 2014. Upaya pemkab bukan hanya dari kualitas SDM para pengajar, namun juga standart pendidikan guru taman kanak kanak (TK) yang kini sebagian besar sudah mengantongi ijazah strata satu (S1) pendidikan TK.

Diharapkan melalui pelatihan ini, semakin menambah jumlah pendidik yang berkompeten dan professional serta meningkatkan kredibilitas lembaga taman kanak kanak. Pelatihan pendidik taman kanak kanak tersebut berlangsung satu hari dan dibuka secara resmi oleh Ketua Goptki Ny Sumiyati Hidayat.

Sumiyati berharap, dengan pesatnya teknologi sekarang ini Area Sains dan Budaya merupakan area yang sangat luas cakupannya dan harus menjadi kupasan utama terhadap anak didik. Termasuk di antaranya zoologi, botani, sejarah dan budaya bangsa.

Tujuan utamanya bukan untuk membuat anak mengerti melainkan menanamkan minat anak terhadap sains dan budaya.


Guru dan orang tua harus memberi kesempatan pada anak untuk berinteraksi dengan lingkungan budaya dan memperluas cakralawa kebudayaan mereka, bukan hanya untuk kebutuhan perkembangan intelektual, tetapi juga perkembangan spiritual mereka

0 komentar:

Posting Komentar