Kamis, 03 Juli 2014

DINAS PENDIDIKAN KOTA SURABAYA TERAPKAN INOVASI RAPORT ONLINE

Dinas Pendidikan Kota Surabaya membuat gebrakan baru dimana kota ini berkomitmen ingin benar-benar mensukseskan penerapan Kurikulum 2013. Gebrakan tersebut adalah dengan pembuatan raport secara online.

DINAS PENDIDIKAN KOTA SURABAYA TERAPKAN INOVASI RAPORT ONLINE
Inovasi rapor online ini pertama kalinya dilakukan di Indonesia yang diterapkan mulai dari jenjang SD hingga SMA/SMK. Inisiasi inovasi ini awalnya dilakukan dengan memetakan persoalan-persoalan apa saja yang terjadi di lapangan. Hasilnya secara garis besar ada pada proses pembelajaran, cara memberikan penilaian, dan bagaimana cara melaporkan penilaian tersebut mengingat dalam Kurikulum 2013 dituntut authentic assessment yaitu memotret senyata-nyatanya penilaian peserta didik.
Kepala Dinas Pendidikan Kota Surabaya, Ikhsan, ketika ditemui di Surabaya (23/06/2014).menjelaskan "Tidak mungkin dilakukan secara manual atau parsial. Harus seperti film, melihatnya terus menerus. Sehingga tidak cukup hanya penilaian di tengah atau akhir semester saja. Itu tidak cukup otentik,".
Menurut Ikhsan, jika penilaian manual dilakukan terus-menerus, konsekuensinya guru disibukkan oleh urusan administratif. Untuk itu, perlu dikembangkan sistem yang memudahkan dan membantu guru dalam konteks impelentasi Kurikulum 2013 terutama dalam aspek penilaian peserta didik.
Maka diterapkanlah sistem Rapor Online dengan format penilaian kuantitatif, kualitatif, mulai dari pengetahuan, keterampilan, hingga afeksinya secara berkelanjutan. "Jadi guru setelah selesai mengajar langsung input penilaiannya. Ada batas waktu input juga sehingga tidak ada penyalahgunaan nilai murid. Ini untuk membangun akuntabilitas dan transparansi penilaian anak," jelas Ikhsan.
Pelaksanaan Rapor Online di kota Surabaya sudah menginjak semester kedua. Pada semester satu tantangannya adalah penggunaan teknologi informasi dan komunikasi tinggi (TIK). Guru wajib menguasai TIK untuk mempermudah memasukkan evaluasi peserta didik ke dalam format Rapor Online.
Ia menambahkan, spirit menggunakan rapor online ini adalah ingin meningkatkan layanan kepada orang tua untuk mengakses informasi yang berkelanjutan mengenai perkembangan anak dari waktu ke waktu. Rapor Online ini juga, kata dia, terus digunakan sebagai rekaman evaluasi peserta didik sesuai NISN untuk tiap jenjang pendidikan.
Demikian informasi tentang sebuah gebrakan baru yang dilakukan oleh Dinas Pendidikan Kota Surabaya. Ini merupakan sebuah inovasi yang menarik untuk diikuti, selain akan lebih mempermudah guru juga memberikan kemudahan untuk seluruh siswa dan wali murid untuk mengakses hasil belajar yang telah dijalani.
daerah mana yang akan mengikuti jejak kota surabaya ???
DINAS PENDIDIKAN KOTA SURABAYA TERAPKAN INOVASI RAPORT ONLINE

0 komentar:

Posting Komentar