Kamis, 13 September 2018

BANDUNG BONDOWOSO

BANDUNG BONDOWOSO

Bondowoso sebagai sebuah kabupaten di Provinsi Jawa Timur. Berawal dari legendanya yang terkenal hingga tercetuslah julukan sebagai ‘Kota Tape’, wilayah ini mampu menarik banyak wisatawan. Dengan berbagai macam tempat wisatanya yang unik, siapa sangka bahwa wilayah ini menyimpan misteri. Apa saja misterinya? Yuk disimak!

1. Misteri Asal Mula Bandung Bondowoso
Alkisah, seorang pemuda bernama Joko Bandung, dari Kerajaan Pengging, berduel dengan raksasa sakti bernama Bondowoso. Pada akhirnya, sang raksasa tewas terbunuh. Ia meminta izin agar rohnya disatukan dengan tubuh Joko Bandung, sehingga pemuda itu memiliki kesaktian yang tak tertandingi. Sejak saat itu, terkenal dengan nama Bandung Bondowoso.

2. Misteri Kisah Cinta Roro Jonggrang dan Bandung Bondowoso
Berdasarkan cerita rakyat, Bandung membantu ayahnya -Raja Pengging- untuk menyerang kerajaan Prambanan. Saat memasuki Istana Keputren, ia melihat perempuan cantik yang bernama Roro Jonggrang. Ketika hendak meminangnya, ia diberi syarat untuk membangun seribu candi dan dua sumur yang amat dalam yang harus diselesaikan sebelum ayam jantan berkokok.

Syarat yang diajukan Roro merupakan keraguannya untuk menerima pinangan tersebut, karena ia telah membunuh ayahnya. Tetapi Bandung tak kurang akal. Ia meminta makhluk halus untuk melaksanakannya. Melihat hal tersebut, Roro Jonggrang merasa cemas. Akhirnya Roro meminta bantuan para gadis untuk memukulkan lesung padi, sehingga ayam-ayam berkokok.

Bandung-pun murka karena candi dan sumurnya belum selesai dengan sempurna. Seketika, ia mengutuk Roro menjadi batu dan para gadis dikutuk tidak akan menikah sebelum mereka pindah ke tempat lain. Hingga kini, batu itu disebut dengan Candi Prambanan.

3. Misteri Perawan Tua di Bondowoso
Kepala Desa Tlogo, mengakui adanya mitos perawan tua di kampung Tlogo Elor dan Tlogo Kidul, wilayah Bugisan, maupun Desa Kebondaem yang berada di sisi utara timur laut komplek Candi Prambanan. Ia menuturkan bahwa mereka belum menikah karena ada yang dikecewakan orang lain, ada yang kelainan, dan ada yang merasa belum siap berumah tangga.

4. Misteri Air Terjun Awet Muda di Bondowoso
Masyarakat setempat percaya bahwa Air Terjun Tancak Kembar, yang berada di lereng timur Pegunungan Argopuro memiliki nuansa mistis. Berdasarkan mitos yang berkembang, air terjun dengan tinggi sekitar 70 meter ini merupakan tempat pemandian Dewi Rengganis. Konon, bagi yang mani di air terjun ini dapat membuat awet muda.

5. Misteri Pondok Sumur Bondowoso
Gunung Raung yang berada di tiga wilayah kabupaten, yaitu Jember, Banyuwangi, dan Bondowoso, hampir sama dengan cerita tentang gunung lainnya. Gunung ini juga memiliki tempat angker. Pondok Sumur, Pondok Dhemit, Pondok Mayit, dan Pondok Angin merupakan tempat-tempat misterius di gunung ini.

Pondok Sumur merupakan tempat pertapaan seorang pertapa sakti dari Gresik, Jawa Timur. Konon, pertapa tersebut dan sumurnya sebenarnya masih ada namun tidak terlihat. Banyak kabar beredar bahwa sering terdengar suara derap kaki kuda di sana.

6. Misteri Kerajaan Macan Putih Bondowoso
Selain Pondok Sumur, kabarnya pada tahun 1638 telah muncul Kerajaan Macan Putih saat gunung ini meletus. Menurut kepercayaan masyarakat sekitar, kerajaan tersebut dipimpin oleh keturunan raja Majapahit. Konon, Raja yang bernama Pangeran Tawangulun adalah seseorang yang kharismatik dan penuh wibawa.

7. Misteri Suara Mistis Gunung Raung Bondowoso
Konon, setiap malam jumat sering terdengar suara mistis di sekitar gunung Raung. Suara yang terdengar seperti derap kuda ini kabarnya merupakan suara kereta kencana sang permaisuri Pangeran Tawanggilun yang sedang mengunjungi kerajaannya.

8. Misteri Gunung Piramid Bondowoso
Bondowoso memiliki gugusan gunung yang unik. Gugusan gunung yang sering disebut dengan gunung Saing ini terdiri dari gunung Salak, gunung Piramid, dan gunung Saing. Dinamakan gunung Saing karena terdapat beberapa gunung dengan puncak-puncaknya yang seolah beradu ketinggian. Yak menjadi unik adalah keberadaan gunung Piramid yang puncaknya mirip dengan Piramida Mesir.

9. Misteri Tempat Semedi Gua Buto Bondowoso
Berbeda dengan gunung Piramid, Gua Buto yang terletak di desa Jired kecamatan Cermee meninggalkan benda-benda purbakala. Sayang, peninggalan sejarah tersebut hingga kini masih menjadi incaran para kolektor. Konon, gua ini merupakan tempat semedi orang sakti zaman Kerajaan Majapahit.

10. Misteri Tumbal Pasar Induk Bondowoso
Pembangunan pasar induk Bondowoso yang berada di pusat kota telah memakan korban sedikitnya lima orang pekerja. Berdasarkan beberapa sumber, saat itu para pekerja proyek sedang melakukan pengecoran beton lantai dua bangunan pasar. Naas, beton yang dalam sekejap ambruk telah menimpa mereka.

0 komentar:

Posting Komentar