Kamis, 25 Desember 2014

Tips Merawat Baterai Laptop dengan Benar

Penting, Tips Merawat Baterai Laptop dengan Benar
Baterai merupakan komponen yang penting pada laptop karena tanpa adanya baterai, laptop kita pasti akan cepat rusak . Mengapa demikian? Karena sumber daya baterai pada laptop lebih seimbang dari pada kita menggunakan cas laptop tanpa baterai . Bayangkan jika tegangan listrik dirumah kita naik turun ? bisa berakibat buruk bagi laptop. Untuk itu saya akan berbagi sedikit tips cara merawat baterai laptop dengan benar. Simak baik-baik.

Tips Merawat Baterai Laptop dengan Benar
Jangan Meletakkan Laptop Diatas Kain
Cara merawat baterai yang pertama yaitu jangan meletakkan laptop diatas kain seperti kasur, bantal, selimut, dll. Mengapa demikian ? karena sifat dari kain yaitu mudah menyerap panas sehingga laptop akan mudah panas dan akan berakibat pada baterai juga ikut panas. Untuk itu letakkanlah laptop anda di alas yang dingin seperti lantai keramik, meja kaca, dll.

Jangan Melepas Baterai Saat Laptop Hidup
Melepas baterai saat laptop hidup akan memperpendek umur baterai. Usahakan shutdown terlebih dahulu laptop baru boleh lepas baterai.

Sesuaikan penggunaan di Laptop dengan Kinerja Laptop
Salah satu cara merawat baterai laptop adalah menyesuaikan penggunaan di laptop dengan kinerja laptop. Terlalu memaksakan kinerja laptop akan berpengaruh pada daya tahan baterai. Misal : Memainkan game berspesifikasi tinggi di laptop dengan spesifikasi rendah. Untuk mencegah agar laptop tidak cepat rusak sebaiknya sesuaikanlah penggunaan laptop dengan kinerja laptop yang kita pakai.
Hindari Benturan Pada Baterai

Salah satu penyebab rusaknya baterai laptop yaitu benturan. Benturan langsung pada baterai akan menyebabkan perubahan komponen di dalam baterai sehingga akan menyebabkan baterai cepat lemah.

2 komentar:

  1. kalau Over charge gimana omm? misal indikator udah penuh tapi charger tetep nancep?

    BalasHapus
  2. nyimpen baterai dalam kondisi kosong/tinggal dikit pengaruh ga' gan???

    thax's

    BalasHapus