Jumat, 23 Mei 2014

VERIFIKASI dan VALIDASI data PESERTA DIDIK ( Sumber : Obengs Bunhaw Karuhun Jampank dan Noercholish Asir L)

Setelah mendapatkan beberapa pencerahan dari mas Obengs Bunhaw Karuhun Jampank dan Noercholish Asir L, maka saya mecoba merangkumkan pencerahan beliau melalui catatan ini..... semoga bisa bermanfaat bagi yang membacanya...memastikan bahwa Peserta Didik tersebut adalah BENAR siswa yang berada pada SEKOLAH tersebut. Oleh karenanya, jauh-jauh hari sebelumnya telah disampaikan bahwa agar OPS segerah membenahi data peserta didik masing-masing di app DAPODIKDAS karena pada app DAPODIKDAS versi 207, data peserta didik (khususnya NAMA dan TANGGAL LAHIR) akan terkunci pd aplikasi tersebut. Hal tersebut diberlakukan, salah satu tujuannya adalah untuk persiapan perbaikan dan penerbitan NISN Baru bagi peserta didik yang belum memiliki NISN.  Untuk melakukan verbal peserta didik ini, Direktorat PSDP telah meluncurkan aplikasi Full Online yang bernama VERVAL PESERTA DIDIK (silahkan klik link ini: http://vervalpd.data.kemdikbud.go.id/sys/login ). Aplikasi ini dapat dipergunakan oleh Operator Sekolah dengan menggunakan username dan passwoard yang sama ketika akan mengaktifkan aplikasi DAPODIKDAS masing-masing. 


Aplikasi VERVAL PESERTA DIDIK ini terdiri dari beberapa kolom aplikasi yang memiliki fungsi yang berbeda, yaitu HOME, REFERENSI, RESIDU, dan SYSTEM.
  1. Kolom HOME : menampilkan informasi tentang aktifitas verbal peserta didik se Indonesia yang dilakukan oleh OPS dan ditampilkan dalam bentuk diagram
  2. Kolom REFERENSI : menampilkan daftar peserta didik yang telah memiliki data Peserta Didik dan NISN yang dikategorikan telah VALID antara data peserta didik yang ada di server DAPODIKDAS dengan data peserta didik yang ada di server PDSP.
  3. Kolom RESIDU : menampilkan daftar peserta didik yang telah memiliki data NISN Peserta Didik yang memerlukan proses verifikasi dan validasi peserta didik karena data peserta didik tersebut berbeda antara data peserta didik yang ada di server DAPODIKDAS dengan data peserta didik yang ada di server PDSP sehingga dibutuhkan tindakan verifikasi dan validasi dari OPS sekolah yang bersangkutan. Untuk melakukan proses verifikasi dan validasi data peserta didik ini, pada kolom RISIDU telah disiapkan 2 tombol verifikasi, yaitu tombol MACTH (untuk data yg sudah sesuai dengan data di DAPODIKDAS dan telah memiliki NISN namun PD tersebut mengalami perbuhan data sehingga berbeda dgn data yg ada di server PDSP) dan tombol NOT MACTH (untuk PD yang belum memiliki NISN)
  4. Kolom SYSTEM : kolom ini memiliki tombol logout yang digunakan ketika penggunakan aplikasi ini akan keluar dari aplikasi VERVAL PESERTA DIDIK 
Untuk memudahkan proses verifikasi dan validasi data Peserta didik, disarankan untuk mengunduh absensi peserta didik di dapodikdas.. lihat tab yg kelas 1 dulu lalu pindah ke kelas berikutnya.. terus lihat di menu residu, kalau ada di daftaran menu residu.. silahkan klik tombol verifikasi (match dan Not macth) berdasarkan fungsi masing-masing tombol.

Mohon koreksinya jika pemahaman saya dalam catatan ini terdapat kekeliruan yg prinsifil.
TUJUAN'nya : untuk menghindari tersebarnya INFO-INFO yang tidak benar tentang proses kerja aplikasi VERVAL PESERTA DIDIK 

0 komentar:

Posting Komentar